Sabtu, 06 Februari 2010

Tips Atasi Mual ("Morning Sickness") Bagi Ibu Hamil

Morning sickness atau mual-muntah di awal kehamilan, hampir terjadi pada separuh wanita hamil di 3 bulan pertama kehamilan. Bagaimana mengatasinya –anda dapat memcoba beberapa Tips Mengatasi Mual Muntah Pada Hamil Muda.
Morning sickness atau rasa mual dan muntah yang terjadi pada masa 3 bulan awal kehamilan (trimester pertama kehamilan). Setiap wanita hamil memiliki tingkat mual berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan, tapi ada juga yang merasa mual, dan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan. Ingat setiap wanita hamil spesial dengan karakteristiknya sendiri-sendiri.

Dibawah ini Beberapa tips untuk membantu mengatasi “morningsickness” atau mual-muntah selama awal kehamilan:

* Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat bertambah mual. Berusahalah makan sewaktu bisa makan, makanlah dengan porsi kecil tapi sering.

* Makan makanan tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll

* Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah biscuit didekat tempat tidur, dan dapat dimakan dahulu sebelum mencoba berdiri.

* Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual.

* Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun jus. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.

* Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi vitamin tersebut tetap diperlukan terutama folat untuk perkembangan janin. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan dikonsumsi. Dan dokter mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.

* Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter untuk pemakaiannya.

* Pengobatan Tradisional : Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.

* Istirahat dan relax akan sangat membantu mengatasi rasa mual muntah. Karena bila stress hanya akan memperburuk rasa mual tersebut. Luangkan waktu untuk anda pribadi! cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan dll. Hadapilah kehamilan dengan kebahagian, karena ini adalah anugerah Tuhan.

Ingat! Hubungi dokter bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi. .

Percayalah Morning sickness atau mual muntah pada kehamilan awal ini akan segera berlalu tanpa disadari dan ini akan menjadi salah satu pengalaman selama kehamilan —bayangkan saja tentang si kecil yang akan segera hadir membawa sejuta kebahagian.

0 komentar:

Posting Komentar