Sabtu, 06 Februari 2010

TANDA-TANDA PERSALINAN

Proses persalinan berbeda pada setiap wanita namun tanda-tanda persalinan sama. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda persalinan yang umumnya ditemui. Dengan mengetahui tanda-tanda persalinan, akan memudahkan mengetahui kapan saat tepat pergi kerumah sakit dan apa saja yang dapat dilakukan bila tanda-tanda persalinan ini terjadi. Ini juga menjadi pengetahuan yang penting bagi suami agar tidak ikut panik, yang akhirnya akan menghambat proses bantuan persalinan yang dibutuhkan seorang ibu.
1. Lendir Bercampur Darah
Keluar lendir bercampur darah. Terjadi karena sumbatan tebal di mulut rahim terlepas, menyebabkan keluarnya lendir berwarna kemerahan karena bercampur darah.
Apa yang harus dilakukan:
JANGAN PANIK!.Pengeluaran darah & lendir dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapat kontraksi teratur atau air ketuban pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit.
Anda harus menghubungi dokter atau bidan Anda bila terjadi pendarahan hebat.
2. Air Ketuban Pecah
Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar ( Petunjuk kondisi fisik air ketuban yang normal adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau).
Apa yang harus dilakukan:
JANGAN PANIK! Hubungi dokter atau Bidan anda dan segera ke rumah sakit, walaupun anda belum merasakan kontraksi, karena ini menjadi resiko infeksi. Sementara diperjalanan gunakan pembalut wanita untuk dapat menyerap cairan ketuban anda.
3. Kontraksi Yang Teratur
Tidak seperti kontraksi Braxton hick, kontraksi timbul teratur, mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian semakin bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/berkurang dengan istirahat atau elusan.
Apa yang harus dilakukan:
TENANG!Ketika kontraksi nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Catatlah lama waktu antara satu kontraksi dengan kontraksi berikut, dan lamanya kontraksi berlangsung. Persalinan hanya terjadi bila kontraksi menjadi semakin dekat, kurang lebih 40 detik antara kontraksi lainnya. Persalinan pertama kali akan berlangsung 12-14 jam sehingga lebih baik anda menunggu dirumah sambil beristirahat mengumpulkan energi untuk persalinan. Jadi jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit. Jangan lupa membawa tas yang sudah anda siapkan.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar